top of page
Search
  • databaru01

Merasakan Kuliner Tradisionil Yogyakarta

Updated: Jul 1, 2019



Yogyakarta kondang jadi kota budaya wisata. Kota ini miliki banyak obyek wisata budaya serta histori. Amat menyenangkan buat merayapi kota serta bercampur dengan budaya. Tetapi wisata Anda di Yogyakarta tidak usai bila idn poker belum merayapi kuliner lokal. Kuliner lokal memang adalah segi penting buat rasakan keadaan budaya fakta dari satu tempat spesifik. Serta di Yogyakarta, terdapat banyak style minuman dan makanan yg dapat ionwpokers coba. Berikut sejumlah salah satunya:


1. Gudeg

Gudeg yaitu sajian sayur yg terbuat dari nangka muda yg digodog dengan santan, gula merah, serta sejumlah rempah-rempah seperti bawang merah, daun salam, bawang putih, biji ketumbar, lengkuas, kemiri, kemiri, serta daun jati. Proses merebus dapat menghabiskan waktu sampai beberapa waktu serta hasilnya dengan sajian cokelat gelap dengan rasa manis.

Vs asli Gudeg Yogyakarta umumnya disediakan dengan bagian lain seperti nasi hangat, telur rebus kecoklatan, sambal goreng krecek, serta ayam goreng atau tempe. Sambal goreng krecek yaitu sajian kulit sapi yg digodog dengan cabai serta rempah-rempah hingga teksturnya jadi amat lembut. Bumbu serta sajian penambahan yang lain bisa ditambah lagi sama dengan keinginan.

Di Yogyakarta, ada dua variasi Gudeg; yg kering serta yg basah. Yg paling umum yaitu yg basah. Warnanya lebih gelap serta rasa-rasanya lebih manis. Orang di luar Yogyakarta mungkin memandangnya sangat manis. Tapi Gudeg basah masih lebih diminati.

Di lain bidang, gudeg kering miliki warna lebih jelas serta lebih dikit gunakan santan. Rasa-rasanya tak semanis yg basah. Orang menentukan Gudeg style ini sewaktu mereka berpikir jika Gudeg basah sangat manis buat mereka.

Restoran Gudeg serta kios jalan hampir dimana-mana di Yogyakarta. Akan tetapi pusat Gudeg terdapat di Desa Wijilan, dalam lokasi Kraton Yogyakarta. Anda bisa pergi kesana gunakan taksi, becak, atau andong (kereta kuda tradisionil).

Gudeg yang bisa dibawa pulang umumnya dikemas dalam toples tanah liat atau besek (kotak yg terbuat dari anyaman bambu). Ada pula kaleng lain yg dapat dikemas Gudeg yg dapat bertahan sampai beberapa saat. Kaleng Gudeg tak ada di restoran atau warung di Wijilan. Anda harus membelinya di toko eceran atau oleh-oleh (toko pribadi yg jual beberapa barang lokal buat dibawa pulang sesudah berlibur atau buat diberi jadi hadiah).


2. Angkringan



Angkringan yaitu cafe jalanan simple yg jual menu makanan di harga amat murah. Menu penting di Angkringan yaitu Nasi Kucing. Tidak sama dengan namanya, nasi tak mempunyai kandungan kucing sekalipun. Nasi Kucing yaitu bungkus nasi kecil dengan dikit lauk. Ada dua menu umum Nasi Kusing. Satu diantaranya yaitu sambal teri, ikan laut kecil yg ditumis dengan sambal. Dua yaitu oseng tempe, tempe tumis simple.

Tidak cuman Nasi Kucing, Angkringan pun menyiapkan sejumlah bumbu jadi sajian penambahan atau snack, seperti tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, sate usus ayam, sate udang, sate dalaman ayam, sate telur puyuh, krupuk keripik, serta tambah banyak.

Minuman yg ada umumnya teh hangat / es, ekstrak jeruk hangat / es, minuman jahe hangat, teh jahe, susu jahe, teh susu jahe, atau teh susu simple. Sejumlah Angkringan pun menyiapkan menu nasi lain di samping Nasi Kucing. Ini dapat berwujud nasi goreng, nasi uduk, nasi jamur, serta masih banyak.

Makan di Angkringan mengirit uang banyak sebab harga amat murah di sini. Tiap bungkus beras harga cuma kurang lebih $ 0,1 - $ 0,3. Minuman kira-kira di antara $ 0,1 sampai $ 0,3. Bumbu kira-kira di harga $ 0,05 sampai $ 0,2. Angkringan kebanyakan dibuka sesudah matahari tenggelam sampai tengah malam. Akan tetapi sejumlah mungkin terbuka di siang hari juga.


3. Sego Pecel

Lewat cara harfiah kata "Sego" bermakna "nasi". Sego Pecel yaitu sajian yg terdiri dalam nasi serta pecel. Pecel yaitu sajian seperti salad yg dibikin dari beberapa sayuran, dituangkan dengan saus kacang, dan selanjutnya diberi bawang merah goreng serta peyek (kerupuk gurih dengan kacang atau makanan laut). Sayuran umumnya yaitu kacang polong, bayam air, kacang panjang, mentimun, daun singkong, serta tahu atau tempe. Sejumlah cabai mungkin ditambah lagi pada saus kacang buat tingkatkan kepedasan.

Restoran atau warung tepi jalan yg jual Sego Pecel umumnya pun menyiapkan sejumlah sajian penambahan jadi bumbu seperti tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, beberapa pilihan sate, serta sejumlah pilihan krupuk (keripik renyah).

Sego Pecel bisa dibeli di berjalan-jalan yg berbaris di dekat Pasar Bringharjo (Pasar Tradisionil Bringharjo) yg terdapat di Jalan Malioboro. Anda bisa juga pergi ke restoran simple SGPC Bu Wiryo di Jalan Argo 10, Sleman.

Sego Pecel Bu Wiryo cukup legendaris di Yogyakarta sebab dibuka sejak mulai 1959. Saat hari Minggu pagi, ionwpokers bisa juga temukan sejumlah stand Sego Pecel di ruang UGM (Kampus Gadjah Mada), tempat pasar instant berlangsung. Ada pula sejumlah gerai Pecel serta restoran Sego yang lain di semua Yogyakarta. Tak sukar buat menemukannya.


4. Yangko



Yangko yaitu snack manis tradisionil dari Yogyakarta yg seperti dengan Mochi Jepang. Ini miliki struktur lembut serta kenyal, beberapa warna, serta beberapa rasa.

makanan Yangko dibikin dengan tepung yg digabungkan dengan kacang tanah, gula, serta pewarna makanan alami. Snack kenyal ini miliki rasa manis. Sesaat Yangko asli cuma miliki rasa manis, saat ini Yangko miliki rasa buah pun bukan rasa manis yg biasa. Ekstrak buah udah ditambah lagi ke adonan buat membuat merasa lebih kaya serta lebih lezat. Rasa Yangko yg umum yaitu durian, melon, serta strawberry.

Yangko umumnya dipasarkan dalam kotak karton yg berisi 20 lembar Yangko dalam beberapa warna serta rasa. Snack ini ada di beberapa toko eceran serta oleh-oleh. Yangko fresh ada di jalan Malioboro.

Di warung tepi jalan ini, Yangko tidak selamanya dikemas dalam kotak karton. Sejumlah vendor sangat mungkin Anda buat menentukan sekitar yg Anda mau serta Anda bahkan juga bisa menentukan warna atau rasa yg Anda mau. Jadi, kami dapat menyarankan beli Yangko dari kios-kios ini buat Yangko fresh serta sesuai.


5. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh yaitu minuman hangat tradisionil dari Yogyakarta. Ini terdiri dalam air yg digodog serta disediakan panas dengan rempah-rempah. Wedang Uwuh disediakan di atas gelas serta semua bumbu pun dimasukkan ke dalamnya. Ini membuahkan gelas yg berisi tumbuh-tumbuhan serta air. Kata "wedang" bermakna "minuman panas" serta kata "uwuh" lewat cara harfiah bermakna "sampah". Disebut semacam itu sebab bumbu tampak seperti sampah yg dimasukkan ke gelas.

Biarpun mungkin tampak tak menarik, Wedang Uwuh miliki banyak kegunaan kesehatan dari ramuan yg diperlukan disana. Jahe memicu darah ionwpokers bergerak dengan lancar. Kayu secang bisa kurangi radang tenggorokan, cengkeh membuat sembuh perut kembung serta mual. Kayu manis yaitu anti-oksidan. Pala mempunyai kandungan flavonoid serta polifenol. Akar serai mempermudah metabolisme Anda. Paling akhir, kapulaga memperkokoh tulang Anda.

Wedang Uwuh ada di tiap restoran tradisionil di Yogyakarta. Anda bisa juga beli paket instant di toko eceran atau oleh-oleh. Paket berisi semua ramuan yg diperlukan untuk bikin gelas Wedang Uwuh. Yg butuh Anda melakukan hanya merebusnya dengan satu gelas air.



14 views1 comment
bottom of page