top of page
Search
  • databaru01

Kuliner Banjar: Apa yang Kecap di Kota Banjarmasin

Kota Banjarmasin merupakan pusat budaya Banjar, satu komune asli yang sudah ada sepanjang hampir 500 tahun. Ada berbagai hal yang dapat Anda telusuri dalam budaya Banjar. Kuliner merupakan diantaranya.

Pada artikel awal kalinya, kami sudah menuturkan beberapa makanan dari kuliner Banjar yang penting Anda kecap waktu ada di kota. Saat ini, kami mau meneruskan daftar itu hingga Anda miliki rekomendasi komplet buat wisata kuliner Anda saat Anda berkunjung ke Banjarmasin satu hari.


1. Ketupat Kandangan



Ketupat Kandangan merupakan sajian digemari banyak orang yang lain yang dengan cara tradisionil datang dari masakan Banjar. Sajian ini terpenting terdiri dalam ketupat (kue beras cemplang) serta ikan snakehead yang dituangkan dengan saus yang terbuat dari santan serta beberapa rempah-rempah seperti kayu manis, pala, cengkeh, kunyit, bawang merah, bawang putih, kapulaga, dsb.

Buat memasak Ketupat Kandangan, ikan snakehead lebih dahulu harus dipanggang sampai berubah menjadi renyah. Selanjutnya, digodog berbarengan santan serta rempah-rempah yang lain. Saus sajian ini tebal serta miliki rasa yang kuat.

Sajian lezat ini datang dari kabupaten Kandangan. Itu pemicu dinamakan Ketupat Kandangan. Hadir ke distrik, Anda dengan simpel menemukannya banyak kios jalan atau restoran simple yang memberikan makanan ini. Akan tetapi apabila Anda tak punyai waktu buat bertandang kesana, Anda dapat juga membelinya di lain tempat di kota Banjarmasin seperti di Jalan Pangeran Antasari, Jalan Pasar Lima, Jalan S. Parman, serta tentunya, di pasar terapung di sungai tiap-tiap pagi.

Ada langkah unik buat makan Ketupat Kandangan. Dengan cara tradisionil, orang mengonsumsinya dengan tangan kosong bukannya memanfaatkan sendok atau garpu. Banyak orang di Kandangan masih melaksanakannya dengan langkah barusan. Akan tetapi apabila Anda tak rasakan nyaman dengan itu, Anda bisa mengharap vendor buat sediakan sendok serta garpu buat Anda.


2. Nasi Kuning & Masak Habang

Nasi Kuning (Nasi Kuning) merupakan santapan nasi yang dikukus dengan santan serta kunyit. Makanan ini biasa diketemukan di Indonesia. Umumnya diberikan dengan beberapa pelengkap; bergantung pada wilayah dimana dia ada. Di Banjar, Nasi Kuning kebanyakan diberikan dengan Masak Habang.

Masak Habang merupakan lauk yang diolah dengan bumbu merah. Itu pemicu sajian ini dimaksud Masak Habang yang bermakna "Diolah Merah". Bumbu umumnya terhitung santan, asam, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serta banyak.

Sajian yang dipakai di Masak Habang dapat berbentuk apakah saja seperti ikan, daging sapi, ayam, telur, dsb. Meskipun berwarna merah, Masak Habang tak selamanya pedas. Bahkan juga, rasa-rasanya lumayan manis serta begitu gurih. Apabila Anda mau pedas, Anda tetap bisa mengimbuhkan beberapa sambal (sambal) yang umumnya disediakan dengan cara terpisah jadi bumbu penambahan.

Dengan cara tradisionil, Nasi Kuning Masak Habang dibungkus dengan daun pisang lantaran bisa menambah aroma, membuat lebih lezat. Apabila Anda mau cicipi sajian lezat ini, Anda bisa berkunjung ke:

• RM Cempaka di Jalan A Yani KM 4, Banjarmasin

• Warung Rahayu di Jalan Pramuka, Banjarmasin

• Warung Nasi Kuning Andalas Anugerah di Jalan Pemuka Kemerdekaan, Banjarmasin


3. Laksa Banjar



Laksa merupakan sup mie pedas di wilayah Melayu (Malaysia, Indonesia, serta Singapura) yang datang dari budaya Cina-Melayu. Laksa kondang miliki aroma serta rasa yang kuat lantaran pemanfaatan banyak rempah-rempah seperti serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai, serta banyak. Terdapat beberapa varian Laksa, bergantung darimanakah aslinya. Diantaranya merupakan Laksa Banjar, yang memang datang dari Banjarmasin.

Apa yang bikin Laksa Banjar berlainan dari model Laksa yang lain merupakan pemanfaatan ikan snakehead. Di Laksa Banjar, ikan snakehead diparut serta di campur dengan saus santan. Ikan membuat aroma mengajak serta rasa yang lebih kaya. Mie di Laksa Banjar pun dikit berlainan. Itu dibuat berubah menjadi gulungan, membuat kelihatan seperti gumpalan benang.

Ada sekian banyak tempat yang dapat Anda datangi apabila mau cicipi makanan ini. Berikut ini beberapa salah satunya:

• Laksa Mama Yani di Gang Kangen, Jalan Belitung Darat, Banjarmasin.

• Pasar Kertak Hanyar di Jalan A. Yani, Banjarmasin

• Pasar Terapung tiap-tiap pagi. Dapat terdapat beberapa vendor yang jual beberapa menu buat sarapan. Laksa Banjar merupakan diantaranya.


4. Itik Panggang Alabio

Itik Panggang bermakna Bebek Panggang. Ini mungkin terdengar tak spesial lantaran Anda bisa beli bebek panggang di lain tempat di pelosok dunia. Tapi sebetulnya, Itik Panggang dari kuliner Banjar cukup unik. Pertama, bebek yang dipakai pada sajian ini cuma spesies Alabio. Spesies bebek ini miliki struktur yang unik serta rasa yang lebih baik ketimbang spesies bebek yang lain.

Bumbu buat memanggang bebek ini unik. Buat memasak sajian ini, orang Banjar memanfaatkan beberapa rempah-rempah seperti bawang merah, ketumbar, jahe, bawang putih, gula aren, serta banyak. Saus kedelai pun ditambah lagi waktu bebek dipanggang dengan arang. Itik Panggang diberikan bersama-sama sambal manis (sambal).

Buat dapatkan rasa terpilih dari Itik Panggang Alabio, Anda bisa berkunjung ke tempat aslinya di distrik Amuntai. Diperlukan seputar 4 jam buat berkendara kesana dari kota. Jikalau Anda tak punyai banyak sekali waktu, ada sekian banyak tempat di Banjarmasin yang dapat Anda datangi:

• Depot Madezon di Jalan Gatot Subroto 4

• Warung Mak Haji di Jalan Pekapuran atau Jalan Pangeran Antasari

• Itik Panggang Tiada Tulang Pal 1 di Jalan A Yani


5. Amplang



Amplang merupakan kerupuk ikan renyah tradisionil dari Banjar. Dengan cara tradisionil, ikan ini dibikin dari ikan pipih (Notopterus chitala), ikan yang kebanyakan hidup di rawa atau sungai. Style ikan ini simpel diketemukan di sungai-sungai di Banjarmasin. Seiring bersamanya waktu, spesies ikan lain pun dipakai jadi ikan pipih saat ini lebih susah diketemukan.

Saat ini, Anda dapat juga menemukannya Amplang yang terbuat dari ikan wahoo atau ikan snakehead. Walaupun demikian, bumbu tidak sempat beralih. Varian baru Amplang ini di jual dengan begitu baik, akan tetapi banyak orang masih suka pada yang asli lantaran miliki aroma serta rasa yang paling otentik. Teksturnya pun lebih lembut.

Amplang terkadang di kenal juga dengan nama "Kerupuk Kuku Macan" yang dengan cara harfiah bermakna "Keripik Kuku Harimau". Amplang enak buat dikonsumsi jadi makanan ringan gurih mudah atau jadi pelengkap beberapa tipe sajian. Beberapa Amplang dibuat di industri rumah tangga akan tetapi dialokasikan secara baik ke seluruhnya kota. Anda bisa membelinya di paket plastik di sejumlah toko makanan atau berdiri di Banjarmasin atau dimana-mana di Kalimantan. Kadang-kadang, Anda bisa pula membelinya di kota lain di luar Kalimantan.


Berkeliling-keliling di seputar tempat buat menjajaki daya tariknya dapat berasa lebih fantastis apabila Anda pun miliki perjalanan kuliner dalam tempat itu juga. Dengan cicipi model makanan baru, kita dapat dapatkan pengalaman baru buat diingat. Aktivitas ini begitu sangat mungkin di kota Banjarmasin dimana banyak ada pilihan makanan dari budaya Banjar.

Anda bukan hanya bisa merasakan waktu ada di kota, akan tetapi beberapa produk bahkan juga sangat mungkin buat dibawa pulang hingga Anda bisa membaginya dengan rekan atau keluarga. Kuliner Banjar dapat juga di nikmati di kota-kota lain di seputar Kalimantan Timur.



25 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page